Selamat Datang di Blog Sulaiman, Semoga Bermanfaat (...

Recent Post

Minggu, 20 April 2014

Cara Mudah Memperbaiki TV LCD

LCD TV anda gambarnya tiba-tiba tidak sempurna? Atau bahkan tidak memunculkan gambar sama sekali? Bisa jadi papan inverter (inverter board anda yang rusak. Board inverter adalah sebuah panel yang berfungsi mengatur daya yang masuk ke LCD. Bila ada kerusakan sedikit saja pada panel ini, maka tampilan LCD TV menjadi pecah atau bahkan rusak (mati sama sekali).
Tips berikut ini adalah cara gampang mengganti inverter board pada LCD TV anda. Ingat! Kehati-hatian sangat penting disini, karena kalo tidak, bisa tambah parah.

  1. Matikan LCD TV anda, cabut stop kontak dan pastikan tidak lagi power supply masih terhubung untuk menghindari bahaya arus pendek. Letakkan LCD TV secara tertelungkup pada meja atau bidang datar lainnya dan pastikan tidak satu benda sekecil apapun yang mengganjal.
  2. Lepaskan semua sekrup dan angkat panel / penutup belakang. Sekarang anda bisa menyaksikan motherboard LCD TV  anda tepat ditengah badan TV.  Anda juga dapat melihat papan inverter ( inverter boad ) persegi panjang disisi mother board.
  3. Lepaskan penutup logam pada papan inverter dan anda bisa melihat isi papan innverter dimana banyak sekali kabel terhubung diatas papan inveter. Kabel-kabel tersebut adalah pensuplai daya untuk LCD screen.
  4. Pastikan semua kabel di papan inverter tidak longgar (baik) atau tidak putus. Lepaskan dan pasang kembali dengan benar jika anda ragu. Hidupkan TV. Bila itu tetap saja LCD TV anda rusak, maka dapat dipastikan bahwa board inverter panel anda telah rusak. Lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  5. Lepas semua kabel di board inverter, lepas pula semua sekerup yang ada.
  6. Lepaskan board inverter dan sisihkan
  7. Ganti board inverter dan kabelnya. Anda bisa membelinya di toko elektronik ( servis center ) merek LCD TV anda. Pasang dengan benar (pastikan) dan LCD TV anda bisa dinikmati seperti sedia kala.
Reaksi:

2 komentar:

Posting Komentar

Comments

coment